Sejarah Polres Minahasa

Kepolisian Resor Minahasa merupakan bagian Integral dari Kepolisian Negara Republik Indonesia mempunyai Tugas Pokok sebagai Pelindung, pengayom, dan pelayan Masyarakat serta selaku alat negara penegak hukum, khususnya di wilayah hukum Polres Minahasa. Polres Minahasa Berdiri pada Tahun 1961 dengan pejabat Kapolres Minahasa yang pertama adalah KOMBES DR. PRADOTO. Tahun 1980 saat Pejabat Kapolres Minahasa LETKOL Drs. SOETOPO menjabat, Kantor Polres Minahasa pindah di Jalan Manguni No. 82 Tondano Barat dan diresmikan oleh Kapolda Sulutteng BRIGJEN POL Drs. A. HERMAN SOEDJANA DIWIRJA yang saat itu disebut Komdak XV Sulutteng dan sebelumnya disebut Komdak XIX Sam Ratulangi.

Seiring pekembangan jaman dan dengan adanya otonomi daerah,  terjadi pemekaran daerah diwilayah hukum Polres Minahasa, diantaranya :

1. Kabupaten Minahasa Selatan

2. Kabupaten Minahasa Utara

3. Kota Tomohon

Dengan demikian Pada Tahun 2004 dibentuklah Polres Persiapan untuk ketiga wilayah pemerintahan   tersebut dan akhirnya resmi berdiri sendiri.  Pada Tahun 2004 juga berdiri Polsek Toulimambot dan pada tahun 2005 berdiri Polsek Lembean Timur sehingga sampai saat ini Polres Minahasa membawahi 12 Polsek.

ketambahan Gedung yang baru yang Diresmikan Oleh Kapolda Sulut BRIGJEN POL HERTIAN A. YUNUS Pada tanggal  7 Juli 2010 bersamaan dengan mako Sat Polair Sindulang Manado dan Pos Pol Unima bantuan Pemda Minahasa.Kantor Polres Minahasa

Hingga kini Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair, SIK adalah pejabat Kapolres Minahasa yang ke - 27